Senin, 17 Januari 2011

Alasan Internet Lambat

0 komentar

Kenapa koneksi internet bisa lambat ?, atau pertanyaan lain kenepa koneksi internet bisa cepat … !!! secara sederhana kecepatan akses internet ditentukan oleh besar bandwidth yang anda punyai, misalnya jika anda berlangganan dengan telkom speedy dengan paket Download 1 Mbps dan Upload 128 Mbps, Maka anda mempunyai kecepatan download 1Mbps Atau kalo di rata-ratakan anda mempunyai kecepatan transfer file sekitar 100 kbps/s. dengan kecepatan seperti sudah lumayan digunakan sendiri, Tapi pertanyaannya apa penyebab internet bisa lambat.

Berdasarkan pengalaman saya , (chiee bahasanya) ada beberapa Faktor yang mempengaruhi internet anda lambat, Walaupun anda berlangganan internet yang dedicated. (hight Speed Access : bahasa kerennya)
Hardware komputer anda tidak mendukung, Kenapa Hardaware ? Umumnya aplikasi komputer saat ini memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi, jadi walaupun bagaimana cepatanya internet anda jika komputer / laptop yang anda gunakan mempunyai hardware yang tidak mendukung, maka jangan harap internet anda menjadi cepat.
Modem / router anda tidak dikonfigurasi dengan benar, ini biasanya terjadi pada koneksi internet dengan MODEM asal-asalan (cepat panas) dan faktor modem sangat berpengaruh pada kinerja internet anda. jika ada tambahan router/server (mikrotik dsb) silahkan periksa konfigurasinya.
Gangguan pada wireless anda, Ini hanya berlau jika media perantara anda menggunakan wireless, pastikan tidak ada pengguna internet Ilegal dijaringan anda.
Mugkin anda semacam spyware / Malware dikomputer anda, pastikan anda menggunakan antivirus yang bisa dipercaya, dan jika seandainya anda bisa melakukan monitoring pada jaringan anda maka anda bisa perhatikan link – alamat mana saja yang sedang bekerja pada oubound-link koneksi anda.
Perhatikan aktifitas komputer anda, Mungkin terjadi Aktifitas download yang lebih yang anda tidak sadari, Biasanya ini terjadi pada windows yang sedang meng_update atau antivirus dan beberapa software lainnya, Non aktifkan Auto Update pada program tersebut jika perlu.
Memory cache pada browser anda mungkin penuh silahkan dibersihkan, karena cache memory sangat berpengaruh pada kinerja browser anda.
Isp (internet Service Provider) anda mungkin lagi bermasalah, ini biasa terjadi terutama di indonesia, Hubungi call center ISP yang bersangkutan.
Ini yang paling penting, pastikan berapa quoto (quota based) batasan internet anda jika anda menggunakan internet non unlimited, Jika quota habis umumnya ISP akan membuat kebijakan sendiri.
Ini hanya beberapa dari banyak kemungkinan. Jika Anda berpikir bahwa koneksi internet anda lambat, saya sarankan Anda melakukan test speed pada http://www.speedtest.net/ atau anda baca ini Percepat koneksi internet speedy

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar


ShoutMix chat widget